Angel - Sarah McLachlan: Terinspirasi dari Rekan Musisi yang Mengalami Overdosis Narkoba

'Angel' adalah salah satu lagu Sarah Mclachlan yang paling ikonik, sekaligus menjadi salah satu lagu yang paling diingat dalam sejarah industri musik '90an. Lagu ini ditulis dalam kurun waktu 2 hari, saat Sarah sedang beristirahat di vilanya di bagian utara Montreal.

Sarah Mclachlan mengungkapkan bahwa lagu ini sebenarnya terinspirasi oleh sesama musisi, yaitu pemain keyboardist Smashing Pumpkins, Jonathan Melvoin. Ia mengungkapkan bahwa Ia terkejut saat membaca majalah Rolling Stone dan menemukan berita bahwa teman musisinya itu meninggal akibat overdosis narkoba di sebuah kamar hotel pada tahun 1996. Sarah yang belum pernah mengonsumsi narkoba sekeras itu seketika merasakan luapan rasa empati untuk temannya tersebut, yang baginya saat itu sedang kesepian dan mencari semacam pelampiasan. Lalu ditulislah lagu 'Angel' yang masih kita nikmati sampai sekarang. 

𝌀

Berdasarkan keterangan dari artikel tersebut, bisa dipahami bahwa sebenarnya lagu 'Angel' bercerita mengenai seseorang yang mengalami depresi dan atau frustasi, dan menggunakan narkoba sebagai bentuk pelariannya.

Pesan ini disampaikan secara halus menggunakan metafora 'pelukan malaikat' untuk mengaitkannya dengan narkoba, sehingga 'melayang' yang dimaksud lagu ini sebenarnya adalah fly dengan narkoba, sehingga si pecandu bisa meninggalkan masalah-masalahnya untuk sejenak. Sepertinya masalah yang dihadapi si pecandu cukup berat karena dalam bait pertama sampai ada kata, 'kenangan mengalir dari nadiku', yang cukup masuk akal jika diinterpretasikan bahwa dia juga memotong pergelangan tangannya sendiri.

Tapi yang paling menarik adalah kata-kata 'kau sedang ditarik dari reruntuhan milik lamunanmu yang hening'. Pemilihan kata ini seperti menyampaikan bahwa sebenarnya masalah yang dihadapi si pecandu sebenarnya berasal dari pemikiran destruktifnya sendiri, atau hanya ilusinya saja.

No comments:

Post a Comment